Sabtu, 15 September 2018

MEDIA MASSA DI INDONESIA


MEDIA MASSA DI INDONESIA





Sudah pada tahu belum media massa itu apa? kalau belum simak pembahasan berikut ini ya, Media massa ialah “dalam bahasa Inggris: Mass Media” singkatan yang berasal dari Media Komunikasi Massa dalam bahasa Inggris Mass Communication Media, yang berarti media massa yaitu sarana penyampaian pesan-pesan, aspirasi masyarakat, sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita ataupun pesan kepada masyarakat langsung secara luas.

Adapun jenis-jenis media massa yang diantaranya yaitu:
  • Media Cetak, misalnya seperti: Majalah, Koran, Surat Kabar dll.
  • Media Elektronik, misalnya seperti: Radio, TV, Film atau Video dll.
  • Media Siber, misalnya seperti: Media Sosial, Website, Portal Berita, Blog dll.


Peran Media Massa
Peran media sangatlah penting karena mampu menambah pengetahuan masyarakat mengenai isu-isu yeng terjadi baik di dalam negeri maupun luar negeri. Namun, informasi-informasi yang disampaikan tidak bisa langsung di percaya begitu saja. Informasi-informasi tersebut harus disaring terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan informasi sehingga tidak menimbulkan perselisihan serta masyarakat harus pandai dalam mengolah informasi yang mereka dapat dari media massa.
Media massa memiliki empat fungsi praktis, yakni fungsi informatif, edukatif, hiburan, dan kontrol sosial. Empat fungsi di atas merupakan empat fungsi ideal yang seharusnya dijalankan oleh media. 

Kondisi Media Massa Saat Ini
Media di Indonesia masih kurang mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku. Beberapa media hanya mementingkan hiburan dan penyampaian informasi, tapi informasi yang diberikan masih belum jelas kebenarannya. Selain itu banyak informasi menyimpang yang kadang diberikan pada sebuah media. Menurut saya, media di Indonesia harus di tinjau kembali kaidah-kaidahnya. Media memiliki pengaruh yang sangat besar, apapun yang disajikan di media massa harus dapat dipertanggungjawabkan.
Media massa di Indonesia harus menjadi idealis dengan berjalan sesuai fungsinya bukan malah menampilkan hal-hal yang praktis tanpa mementingkan fungsi dari media massa tersebut, dengan itu media massa di indonesia masi bersifat pragmatisme.
Harapan saya, kita sebagai generasi penerus bangsa jangan ikut terlibat dengan media massa yang hanya mementingkan rating saja, dan hanya mencari keuntungan semata, dengan tidak menonton atau membeli kita sudah tidak terlibat dan mendukung acara tersebut, dan bila semua orang sudah tidak tertarik dengan hal seperti itu mau tidak mau media massa akan kembali sesuai fungsi-fungsinya.
perlu di ingat kembali bukan berarti semua media massa di Indonesia tidak berbobot, tentu masih banyak media massa yang mempertahankan fungsi-fungsi sebenarnya akan tetapi kondisi media massa yang seperti ini sedang kalah saing dengan media yang pragmatisme dengan acara-acara tidak berbobot dan tidak bermutu, sayangnya masih banyak orang yang mensupport acara-acara tidak berbobot seperti itu.


Bahan referensi :
https://www.kompasiana.com/alfaml09/596f7c95ed967e478650fdb2/media-massa-kini-yang-subjektif?page=all
https://portaljurnalis.blogspot.com/2017/01/pengertian-Peran-fungsi-dan-jenis-media-massa.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Media_massa


0 komentar:

Posting Komentar